Upaya Tangkal Hoaks, HMJ Jurnalistik Gelar Dialog Publik Menjelang Pilkada 2020

29
Seluruh Pemateri dan Moderator Saat Menghadiri Dialog Publik di Warkop Bundu Aroepala. Jumat (20/03/2020).

Syiarmedia.id – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar, menggelar Dialog Publik di Warkop Bundu Aroepala, Jalan Letjen Hertasning. Jumat (20/03/2020).

Dialog yang bertajuk “Peran Pemuda Menangkal Hoax dalam Merajut Pilkada Damai” ini, dihadiri oleh Ketua Bawaslu Makassar Nursari, S.H., M.H., Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar dan Ketua Dema UIN Alauddin Makassar Ahmad Aidil Fahri sebagai pembicara.

Dalam penyampainnya, Gunawan mengungkapkan, anak muda harus pandai memilah berita-berita hoaks. Menurutnya, untuk mengetahui berita hoaks hanya dibutuhkan kewarasan dan sedikit usaha.

“Kita jangan jadi anak muda yang mudah percaya dengan segala informasi-informasi yang beredar, termasuk jangan menjadi bagian dari berita hoax itu sendiri, belajarlah untuk memilah dan mencari tahu,” ujarnya.

Sementara itu, Nursari mengungkapkan, peran pemuda sebagai social control. Peran pemuda, lanjutnya, sama sekali tidak bisa dimatikan dalam proses politik di negara ini.

Terakhir, Ia berharap, pemuda dapat membantu Bawaslu dalam mensosialisasikan tentang hoaks kepada masyarakat dalam pilkada 2020 ini.

Reporter: Andi Chairun Miftahhul Jannah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here