Teknik Arsitek FST UIN Alauddin Adakan Bedah Desain Arsitektur Masjid Berbasis Kearifan Lokal

54

syiarmedia.id, Gowa – Prodi Teknik Arsitek Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar telah mengadakan bedah desain arsitektur masjid yang bertajuk “Arsitektur Masjid Berbasis Kearifan Lokal”. Kegiatan ini berlangsung secara virtual, yang diadakan di Aplikasi Zoom dan dimulai pada pukul 14.00 WITA, Senin (12/04/2021).

Ketua Jurusan Teknik Arsitek, Zulkarnain dalam sambutannya mengatakan bedah desain ini seperti bedah desain internasional karena dibawakan oleh narasumber yang hebat dan dan berasal dari luar.

“Pada bedah desain kali ini seperti bedah desain internasional, karena narasumbernya adalah Ir. Baskoro Tejo, P.hD yang berasal dari ITB Bandung, satunya berasal dari Prancis yaitu St. Aisyah Rahman, ST, MT, dan ada pula yang berasal dari Belanda,” ujar Zulkarnain dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Adakan Pelantikan, Kepengurusan PKPT IPMIL Raya UIN Alauddin 2021-2022 Telah Sah

Ir. Baskoro Tejo P.hD sebagai narasumber yang membedah desain dari Masjid yang ada di Kampus UIM Makassar. Dia menjelaskan bahwa Kampus UIM harus menerapkan yang namanya urban campus.

“Disini nilai tanahnya itu sudah sangat tinggi dan mahal, sehingga harus merancang yang namanya urban campus. Yaitu dengan dibangun ke atas, jadi untuk towernya UIM nanti bisa 18 lantai, kemudian bangunan putih yang ada di depan itu mungkin bisa 10 lantai,” jelasnya.

BACA JUGA :  Libatkan Sekum MUI Sulsel, UIN Alauddin Gelar Diskusi Ramadan Bahas Pemaknaan Takwa

Dia juga menambahkan bahwa penerapan urban campus di UIM ini sangat cocok karena kampus ini berada di lokasi yang strategis.

“Urban campus di Jalan Perintis Kemerdekaan ini memang bisa menjadi daerah pemberhentian, karena memang daerah tujuan atau dalam artian daerah strategis,” tambah Baskoro.

BACA JUGA :  Jelang Hari Jadi Nasional Ke 17 Tahun, Ini Harapan Komandan Tagana UIN Alauddin Makassar

Sementara St. Aisyah Rahman, ST, MT yang juga sebagai narasumber kedua yang membedah desain dari Masjid Agung Sultan Alauddin yang ada di UIN Alauddin. Dia menjelaskan bahwa desainnya ini bisa dilihat salah satunya dari segi valuesnya.

“Jadi dari segi valuesnya, tentu saja ada values yang nilai universal dari nilai-nilai universal yang ada. Biasanya menimbulkan sesuatu yang monumental untuk mengekspresikan keagungan kemudian dari masjid saja ada syiar dakwah islam yang terkandung di dalamnya,” ujarnya. (Ainun)