Resep Pelas Kelapa, Makanan Khas Jawa yang Sangat Mudah Dibuat

54

syiarmedia.id, Makassar – Buah kelapa yang biasa juga dijuluki sebagai tanaman 1000 manfaat, ternyata benar adanya. Selama ini orang memanfaatkan kelapa dengan memakannya secara langsung atau kelapa tua biasa diambil santannya untuk penyedap masakan.

Akan tetapi, ternyata buah kelapa bisa dijadikan pepes atau biasa disebut sebagai pelas kelapa. Kuliner ini berasal dari pulau jawa dan bahan-bahannya juga sangat mudah untuk didapatkan.

Biasanya seseorang akan kecewa, apabila mendapatkan kelapa yang hampir menua. Karena daging buahnya sudah keras dan kurang nikmat apabila dimakan secara langsung.

Namun jangan risau, melalui kanal Youtubenya, Jodilee Warwick terlihat mengonsumsi kelapa yang hampir menua dengan cara yang berbeda, yaitu dengan dibuat pepes.

Ket : Jodile Warwick saat menikmati pelas kelapa.

Cara mengolah kuliner inipun sangatlah mudah dan gampang. Siapkan tiga buah kelapa, kupas hingga tersisa hanya daging buahnya saja, setelah itu parut.

Jangan lupa untuk menyiapkan bumbu-bumbu rempahnya yang akan dihaluskan berupa, sedikit jahe, lima siung bawang putih dan bawang merah, merica setengah sendok teh, sedikit kunyit, garam, penyedap rasa (jika suka), dan gula merah secukupnya. Setelah bumbu halus, campurkan dengan kelapa yang sudah diparut tadi.

Agar lebih nikmat, gadis keturunan Indonesia Kanada ini terlihat menambahkan sari dari yuyu (kepiting kecil) yang telah dihaluskan. Caranya, cukup haluskan yuyu dengan cara ditumbuk, tambahkan air secukupnya dan peras menggunakan saringan.

Aduk adonan hingga tercampur rata, siapkan daun pisang yang sudah dipotong kecil-kecil. Masukkan daun salam serta cabai rawit, lalu tuangkan adonan kelapa dan bungkus sesuai selera.

Setelah di bungkus, kukus pelas kelapa sekitar 10 menit atau hingga daun pisangnya agak layu dan angkat, pelas kelapa siap disantap. Kuliner khas Daerah Jawa ini sangat nikmat dinikmati dengan nasi hangat.

Jodi, sapaan akrab Jodilee Warwick ini sangat lahap dan nikmat menyantap pelas kelapa ini di pinggir sungai hingga suapan terakhir.

“Hmm juara, ini enak banget. Rasanya emang kayak kepiting, tetapi kepiting yang sudah hancur, enak banget,” ujar wanita yang juga menjadi presenter Jejak Petualang ini.

Sangat mudahkan membuatnya? Jangan lupa untuk mencobanya dirumah, cintai kuliner khas Indonesia. (Ainun)