Peringati Hari Pancasila, Ketua HMJ Jurnalistik : Jurnalis Harus Mengabarkan Berita dalam Asas Kemanusiaan

74

syiarmedia.id, Gowa – Hari ini, tepatnya pada 1 Juni 2021 adalah hari dimana lahirnya Dasar Negara Indonesia, yaitu Pancasila. Banyak dari masyarakat yang memperingati hari lahir Pancasila ini dengan mengadakan upacara, akan tetapi ada juga yang memberikan sebuah harapan.

Salah satunya dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik UIN Alauddin Makassar, Alam yang mengatakan bahwa semua pekerjaan harus bisa melihat lima asas yang tercantum dalam Pancasila.

BACA JUGA :  Akan Segera Bangkit, Syiar TV Adakan Kegiatan Workshop

“Pancasila di cetuskan pada 1 Juni 1945 oleh Ir. Soekarno, dan telah menjadi Dasar Negara Indonesia. Semua elemen pekerjaan melihat pada 5 Asas yang telah dibentuk, tak terkecuali pekerjaan jurnalis. Nilai yang dianut oleh Jurnalis adalah nilai yang harus dipegang dalam pengaplikasian Ilmu Jurnalistik,” tulis saat berkomunikasi melalui pesan Whatsapp, Selasa (01/05/2021).

BACA JUGA :  Hadiri Kuliah Perdana Pascasarjana, Rektor UIN Alauddin Makassar Tekankan Permasalahan Riset

Dia juga berharap agar seorang jurnalis harus mampu memberitakan berita sesuai dengan asas kemanusiaan dan dengan cara yang baik.

BACA JUGA :  Berkah Ramadan, Alumni Ponpes Ummushabri Kendari Bagi-Bagi Sembako untuk Pemulung

“Seorang Jurnalis harus mengabarkan berita dengan berasaskan Kemanusiaan dan dengan cara yang beradab, walaupun keadilan masih belum di dapat oleh seorang Jurnalis, akan tetapi tetap harus menulis dengan bijak sesuai Fakta yang didapat,” harap Alam, sembari menutup percakapan. (Ainun)