Menuju Indonesia Emas 2045, Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Gelar Biochamp

80

syiarmedia.id, Gowa – Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan yang disebut sebagai Biology Championship (Biochamp) dengan mengangkat tema “Membumikan Inovasi dan Terapan Biologi Sains, Teknologi dan Riset Berlandas Biodiversitas Menuju Indonesia Emas 2045”. Kegiatan ini dibuka dengan pendaftaran pada 13-29 Januari 2021 – pengumuman pemenang pada 29 Maret 2021.

Melalui akun resmi Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar, Selies Meriem, S.Pd, M.Sc., sebagai ketua panitia mengatakan bahwa acara Biochamp ini adalah kegiatan perdana yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan menghasilkan prestasi yang sesuai visi misi generasi emas 2045.

BACA JUGA :  PSGA LP2M UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Parenting Pesantren Ramah Anak

“Kegiatan ini digagas untuk menjaring mahasiswa biologi yang mampu bersaing sekaligus menciptakan mahasiswa yang dapat terlibat dalam mewujudkan visi misi generasi emas 2045,” ujar Selies. Senin, (15/03/2021).

Selies juga menambahkan, kegiatan Biochamp ini adalah tahap awal guna menyeleksi mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Tidak berhenti sampai disitu, pihak jurusan juga akan melakukan pembinaan kepada mahasiswa yang terpilih nantinya.

BACA JUGA :  Berikut 7 Kunci Sukses di Usia Muda Ala Dosen UIN Alauddin Makassar

“Kegiatan ini sebenarnya seleksi tahap awal bagi calon kompetitor di bidang biologi yang kemudian akan dibina secara intensif oleh para dosen yang berkompeten pada berbagai cabang ilmu biologi seperti botani, genetika, mikrobiologi, zoologi, dan ekologi,” tambahnya.

Disisi lain, Ketua Jurusan Biologi FST UIN Alauddin Makassar, Dr. Masriany, S.Si, M.Si., turut memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah mendaftar dan ikut serta dalam ajang Biochamp.

“Mahasiswa yang telah mendaftarkan dirinya telah menang melawan egonya dan telah menjadi juara karena memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti kompetisi ini. Kami berharap kedepanya semua mahasiwa biologi akan lebih banyak yang terlibat dan ikut serta dalam ajang ini,” ujar Masriany.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Bagi-Bagi Masker kepada Pengunjung Pasar Bontosalama

Ajang Biochamp itu sendri terdiri dari enam jenis lomba, yaitu olimpiade biologi, lomba penulisan essay, pembuatan video dokumenter, lomba karya tulis ilmiah, lomba debat, dan teknologi tepat guna yang telah diikuti oleh 27 orang mahasiswa biologi baik secara tim ataupun perorangan. (Ain)