Masih dalam Momentum Hari Raya Idulfitri, Civitas Akademika FDK UIN Alauddin Gelar Halal Bihalal

51

Syiarmedia.id, Gowa – Masih dalam momentum hari raya IdulFitri, Civitas Akademika Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan halal bihalal atau silaturahmi di Masjid Nur Rasyid FDK UIN Alauddin Makassar, Kamis (20/5/2021).

Dalam kegiatan ini turut dihadiri langsung oleh Dekan FDK, Dr Firdaus Muhammad, beserta para jajarannya. Selaku khatib, Dr. H Andi Hamzah L.c. M.Ag yang juga Ketua Jurusan Manajemen Haji dan Umroh (MHU) FDK UIN Alauddin Makassar membahas terkait hikmah bershalawat.

Dalam ceramahnya, ia menuturkan bahwa dengan bershalawat maka Allah SWT akan senantiasa melipatgandakan pahala ibadah yang dijalankan oleh umat Islam. Bahkan katanya, semakin banyak ibadah, maka semakin banyak pula pahala dilipatgandakan.

BACA JUGA :  Peserta KKN-DK UIN Alauddin Kecamatan Duampanua¬†Pinrang Gelar¬†Aksi Jumat Bersih

“Dengan shalawat pahala ibadah kita bisa dilipatgandakan oleh Allah SWT. Selain itu, dengan bershalawat juga bisa membersihkan dosa-dosa yang ada di diri kita,” ujarnya.

Tak melangkahkan jauh, Dr. H Andi Hamzah juga menjabarkan terkait apa sebenarnya yang dimaksud halal bihalal. Ia pun mengungkap bahwa halal bihalal berarti melepaskan ikatan membelenggu, dan momentum untuk saling memaafkan antar umat muslim.

BACA JUGA :  Jurusan MD FDK UIN Alauddin Makassar Gelar Workshop Kewirausahaan

“Kesalahan kita akan terhapuskan, ketika kita meminta maaf. Dosa tidak akan terampuni oleh Allah SWT, sebelum kita mengulurkan kata maaf kepada sesama,” ujarnya.

Bahkan, katanya di dalam Al-Qur’an sendiri tidak ada sebenarnya kata meminta maaf, yang ada ialah memberi maaf. Karena sesungguhnya memberi maaf adalah tindakan yang mulia.

“Di dalam Al-Qur’an tidak ada kata meminta maaf, tetapi ayat yang paling banyak adalah memberi maaf kepada orang. Karena memberi maaf adalah kemuliaan di mata Allah,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Rektor UIN Alauddin Terbitkan SK Pembebasan dan Peringanan UKT Bagi Mahasiswa Semester Ganjil

Sekadar diketahui bahwa kegiatan halal bihalal tersebut diselenggarakan secara tatap muka, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, dan menjaga jarak saat kegiatan berlangsung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dekan FDK, Wakil Dekan (Wadek) I, Wadek II, Wadek III, para ketua dan sekretaris jurusan, Plt Kabag Tata Usaha, Kasubag/Pejabat Fungsional, para dosen, staf/operator, kepala Laboratorium, serta ketua pengurus lembaga kemahasiswaan FDK UIN Alauddin Makassar. (Dev)