Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Adakan Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair untuk Masyarakat Wajo

122

Syiarmedia.id , Wajo РPemerintah Kecamatan Tempe mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk cair berbahan eceng gondok yang dilaksanakan di Kelurahan Siengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Camat Tempe, Supardi Amar mengatakan, kegiatan ini perlu dikembangkan di Kabupaten Wajo, mengingat populasi eceng gondok di Wajo yang terbilang sangat banyak dan tidak dimanfaatkan dengan baik.

BACA JUGA :  Masih dalam Momentum Hari Raya Idulfitri, Civitas Akademika FDK UIN Alauddin Gelar Halal Bihalal

“Kalau ini dikembangkan, eceng gondok di daerah kita bisa bernilai ekonomis dan tentu akan menambah penghasilan masyarakat, utamanya yang berada di pesisir Danau Tempe,” ujar Supardi, Jumat (9/4/2021).

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dari kampung (KKN-DK) 65 UIN Alauddin Makassar ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Siengkang terkait pupuk tersebut.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Bagi-Bagi Masker kepada Pengunjung Pasar Bontosalama

Turut hadir dalam kesempatan ini yakni Lurah Siengkang, Ketua RT, mahasiswa, serta sejumlah masyarakat, dan juga pemateri pada kegiatan tersebut yakni H Amiruddin.

“Semoga ini bisa menjadi solusi untuk pengadaan pupuk bagi kebutuhan rumah tangga,” ujar Amiruddin.

BACA JUGA :  Meski Virtual, Antusias Mahasiswa Tetap Besar Dalam Mengikuti Pembekalan KKN-DK Angkatan 65 UIN Alauddin

Terakhir ia juga berharap, semoga hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah agar bisa menjadi produk andalan.

Sekadar diketahui bahwa sebelumnya, mahasiswa KKN Uniprima juga telah melakukan pelatihan pembuatan handsanitizer alami dan pembuatan alat penjernih air, di Kelurahan Mattirotappareng, Kecamatan Tempe. (Dev)