LKM PBio UIN Alauddin Makassar Gelar Kajian Bahas Efek Pemuda Buta Politik di Era Digital

166

Syairmedia.id, Gowa – Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM) Pendidikan Biologi (PBio) UIN Alauddin Makassar kembali menggelar sebuah kajian, Minggu (28/2/2021).

Menggelar sebuah kajian merupakan salah satu rutinitas LKM PBio. Dan yang menjadi keunikannya yakni setiap diskusi yang diadakan oleh LKM PBio itu tidak hanya dalam konsep ilmu biologi saja, melainkan juga dalam konsep ilmu sosial, budaya, politik hingga agama.

LKM PBIO kali ini mengadakan kajian rutin (kantin LKM) dengan topik “Efek Pemuda Buta Politik di Era Digital” secara virtual, dengan menggunakan media zoom. Adapun yang menjadi pemateri dalam diskusi kali ini yakni salah satu Dosen Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah & Komunikasi yakni Irnawati, S.Sos., M.I.Kom.

BACA JUGA :  Seluruh Pegawai dan Dosen UIN Alauddin WFH Hingga 30 Juli Mendatang

Topik diskusi yang diangkat merupakan jawaban dari kurangnya minat serta pengetahuan  masyarakat, terkhususnya pemuda terhadap politik. Sebab saat ini politik bagaikan oksigen yang menyeruap dalam diri dan memori masyarakat. Entah disadari atau tidak, karena kita semua tahu bahwa bangsa ini, Indonesia merupakan negara yang menerapkan Sistem politik demokrasi.

Pemateri mengungkap bahwa seorang pemuda harus turut mengambil bagian untuk dan secara aktif berpartisipasi dalam setiap aspek politik serta juga harus memberikan masukan dan ide-ide untuk dalam memajukan Indonesia.

BACA JUGA :  Ikom FDK UIN Alauddin Sukses Gelar Seminar Nasional, Dubes Mesir Bahas Praktik Diplomasi kontemporer

“Jangan sampai tidak peduli dengan aktivitas politik, karena di tangan pemuda masa depan bangsa ini akan mengarah kemana. Memberikan wawasan kepada seluruh komponen masyarakat harus dilakukan pemuda, sehingga ada kepedulian terhadap politik yang terjadi di Indonesia,” ujar Irnawati.

Kemudian, salah satu peserta kajian pada sesi diskusi mengeluarkan statement sebenarnya seorang pemuda bukan buta akan politik namun hanya acuh terhadap politik itu sendiri. Statement tersebut pun seakan membuktikan bahwa pemuda belum sepenuhnya ikut andil dalam dunia politik Indonesia.

BACA JUGA :  HMJ HES UIN Alauddin Makassar Bakal Gelar Futsal Competition, Yuk Daftar

Sementara itu, Ketua Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM) Pendidikan Biologi (PBio), Syamsul menuturkan bahwa dengan adanya kajian seperti yang dilakukannya tersebut, maka akan mampu mengawal literasi seluruh mahasiswa.

“Saya rasa dengan adanya kajian ini, LKM PBio bisa menjadi semakin bermanfaat utamanya mengawal literasi untuk semua orang bukan cuma mahasiswa pendidikan biologi, tapi untuk mahasiswa diluar pendidikan biologi itu sendiri,” ujar Ketua LKM PBio.

“Kami akan upayakan kegiatan ini akan berjalan setiap pekan dengan pemateri yang tentunya kompeten di bidangnya” tutupnya. (Dev)