KKN-DK Angkatan 65 UIN Alauddin Makassar Resmi Dilepas, Ini Harapan Menag RI

234

Syiarmedia.id, Makassar – Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menyelenggarakan pembekalan sekaligus pelepasan KKN-DK (Kuliah Kerja Nyata Dari Kampung) angkatan ke-65 dengan tema “Penerapan moderasi beragama dalam penanganan dampak Covid-19 dengan pendekatan ABCD”.

Kegiatan pembekalan kali ini diselenggarakan secara virtual. Hal ini dikarenakan mengingat kondisi pandemi Covid-19, Kamis (25/2/2021).

Pada Pelaksanaan pembakalan KKN-DK ini dihadiri oleh Meteri Agama (Meneg) Republik Indonesia (RI) yakni H. Yhoqut Cholil Qoumas untuk memberikan sambutan sekaligus melepas secara resmi KKN-DK UIN Alauddin Makassar.

BACA JUGA :  Adakan Webinar Nasional, Kajur Pendidikan Fisika : Membuka Wawasan Baru Mahasiswa Terkait Isu Terkini

Dalam sambutannya H. Yaqit Cholil Qoumas mengapresiasi tema yang diusung oleh UIN Alauddin Makassar.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini UIN Alauddin Makassar mengusung tema KKN sudah sangat tepat yaitu penerapan moderasi beragama dalam penanganan dampak Covid-19. Masalah moderasi beragama telah menjadi program strategis kementrian agama yang harus dijadikan cara berfikir dan berbuat dalam mendeskrinasikan agama,” ujar Menag.

BACA JUGA :  Adakan Pelantikan, Kepengurusan PKPT IPMIL Raya UIN Alauddin 2021-2022 Telah Sah

Tak hanya itu, ia mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan KKN harus memiliki rasa tanggung jawab, moral, intelektual, sekaligus sosial agar masyarakat tidak terkontaminasi oleh pemahaman keagamaan yang jauh yang jauh dari subtansi agama dan tidak sesuai dengan nilai moral.

BACA JUGA :  Libatkan Sekum MUI Sulsel, UIN Alauddin Gelar Diskusi Ramadan Bahas Pemaknaan Takwa

“Melalui KKN ini saya berharap kepada mahasiswa agar para mahasiswa memperoleh banyak ilmu pengetahuan sekaligus pengalaman dan keterampilan saat menjalankan KKN serta mahasiswa mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhapap sosial dan rasa persaudaraan,” harap Meneg H. Yhoqut. (Feni)