Jurnalis TV One Makassar Kenalkan Konsep Mojo ke Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin

93

syiarmedia.id, Makassar – Jurusan Jurnalistik Angkatan 019 UIN Alauddin Makassar, telah menggelar Workshop dengan tema “Mojo (Mobile Journalism) memaksimalkan liputan”. Kegiatan ini berlangsung secara online dan offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Kamis (10/6/2021).

Pada workshop tersebut menghadirkan pemateri dari Jurnalis Tv One Makassar, Syamsul Maarif menyampaikan bahwa seorang Jurnalis harus lebih efisien dalam meliput kegiatan, dengan menggunakan praktik Mojo yang memiliki peluang besar di Indonesia.

BACA JUGA :  Libatkan Sekum MUI Sulsel, UIN Alauddin Gelar Diskusi Ramadan Bahas Pemaknaan Takwa

Dia juga menjelaskan bahwa Mojo adalah salah satu cabang jurnalisme yang lahir karena perkembangan teknologi, khususnya pada media Handphone.

“Mojo akan menjadi tren di era sekarang sehingga memudahkan melakukan praktik jurnalistik, karena hanya dengan menggunakan handphone kita dapat mengakses dan menyunting materi liputan dengan maksimal”, ujar Syamsul.

BACA JUGA :  Persiapan Tes UM-PTKIN, Jurusan Fisika FST UIN Alauddin Akan Adakan Try Out Akbar

“Terdapat berbagai hal yang utama dalam memaksimalkan praktek mojo yaitu bagaimana dalam pengambilan dan penyampaian berita melalui alat-alat seperti tripod, microphone, software editing, dan alat kebutuhan lainya”, Lanjutnya.

BACA JUGA :  UIN Alauddin Makassar Gelar Dialog Bersama Dirjen Pendis Kemenag RI

Syamsul Maarif juga sangat mengapresiasi Mahasiswa Jurnalistik UIN Alauddin Makassar yang hadir pada workshop kali ini, baik hadir secara langsung maupun secara virtual. Dia juga langsung mempraktekkan konsep Mojo ini di depan para mahasiswa, walaupun dengan alat yang kurang lengkap.

(UMMU)