Pengurus Pusat IPPM Pangkep Bersama Koordinator UIN Alauddin Makassar Turut Bantu Korban Puting Beliung

72

syiarmedia.id, Pangkep – Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pangkep (IPPM Pangkep) telah memberikan bantuan berupa atap seng kepada korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep pada Jumat, (12/3/2021).

Seperti yang diketahui pada Sabtu, (27/2/2021) lalu telah terjadi bencana angin puting beliung yang telah menerjang tiga desa dan lima dusun yang ada di Kecamatan Marrang.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Pengurus Pusat IPPM Pangkep bersama koordinator sejajaran (Koord. UNM, UIN, UMMA, Unismuh, Poltekkes Kemenkes, Pare-pare dan STIMIK Dipanegara) melakukan open donasi dan aksi galang dana pada tanggal 2-6 maret di Lampu Merah Bungoro.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar Angkatan 65 Desa Taeng Gelar Seminar Proker

Berdasarkan data hasil observasi pertama yang dilakukan Pengurus Pusat IPPM Pangkep pada 1 Maret, bencana angin puting beliung ini telah melanda 53 rumah warga yang tersebar di Desa Pitue (Dusun Jenae, Dusun Sabangnge), Desa Pitu Sunggu (Dusun Kampung Baru, Dusun Bonto Sunggu) serta di Desa Punranga (Dusun Parunru).

Dari 53 rumah yang terdampak bencana angin puting beliung, 28 rumah diantaranya masih membutuhkan bantuan, guna memperbaiki rumah mereka.

BACA JUGA :  HMJ-Ak UIN Alauddin Gelar Raker, Ketua: Proker Lebih Fokus pada Pengkaderan dan Keilmuan

Ketua Bidang 3 Komunikasi dan Advokasi Pengurus Pusat IPPM Pangkep, M. Syawal Saputra menjelaskan bahwa penyaluran ini bukan hanya penyaluran donasi, melainkan juga sebagai bentuk pengawalan terhadap pemerintah. Tak lupa pula, dia juga berharap agar IPPM Pangkep bisa menjaga hubungannya dengan masyarakat yang ada di sekitar.

“Penyaluran pada hari Jumat, 12 Maret 2021. Sebanyak 28 rumah, dikabarkan sudah ada beberapa rumah yang telah direhabilitasi dan kembali huni akan tetapi belum ada pengawalan terkait bantuan oleh pemerintah dan itu menjadi salah satu tujuan dan tugas IPPM Pangkep,” ujarnya.

BACA JUGA :  Keren, Dema FUFP UIN Alauddin Sukses Gelar Ushuluddin Fest 2021

“Bukan hanya sampai pada penyaluran donasi kemasyakarat tapi juga ada bentuk pengawalan terhadap pemerintah untuk secara sigap menyalurkan bantuan kepada masyakat yang terkena korban bencana alam angin puting beliung. Harapan kami bagaimana mahasiswa dan pemuda terkhusus IPPM Pangkep akan selalu menjaga hubungan terhadap masyarakat,” lanjut Syawal.

Warga sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan dan mereka juga sangat bersyukur atas keterlibatan mahasiswa dalam aksi kemanusiaan yang telah dilakukan oleh IPPM Pangkep. (Ainun)