Ikom FDK UIN Alauddin Sukses Gelar Seminar Nasional, Dubes Mesir Bahas Praktik Diplomasi kontemporer

30

Syiarmedia.id, Gowa – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar sukses menyelenggarakan kegiatan seminar nasional Komunikasi Politik, Senin (23/8/2021).

Seminar nasional kali ini digelar dengan mengusung tema International Political Communication And Influence Of Information And Communication Technologies On Contemporary Diplomacy. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring dan juga luring yang bertempat di Lt. FDK UIN Alauddin, dengan tetap mematuhi prokes.

Dalam kegiatan ini menghadirkan pemateri atau narasumber dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Mesir DR (HC) Lutfi Rauf dan Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia Effendy Gazali, Ph.D, serta Pengurus BPC Perhumas Makassar Sulsel sekaligus kepala subdit humas dan informasi publik Unhas, Ishaq Rahman, M.Si., MIRAP.

BACA JUGA :  Keren, Dema FUFP UIN Alauddin Sukses Gelar Ushuluddin Fest 2021
Gambar: Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Gelar Seminar Nasional/Ist

Dalam pemaparan materinya, Duta Besar Mesir mengungkapkan bahwa beragam tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan diplomasi kontemporer serta strategi pemerintah dalam menghadapi tantangan tersebut.

Selanjutnya, DR Lutfi Rauf, yang memperoleh gelar Doctor Honoris Causa di bidang politik dari Universitas King Naurean Thailand, juga memaparkan bahwa mengenai praktik Diplomasi kontemporer yang terwujud dalam diplomasi digital.

BACA JUGA :  Dekan FDK UIN Alauddin Kecam Aksi Terorisme Sekaligus Sadarkan Pentingnya Moderasi Beragama

“Diplomasi digital merupakan bagian dari diplomasi publik yang memanfaatkan kecanggihan teknologi internet, serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta sosial media sebagai media untuk dalam memperkuat hubungan diplomatik,” jelasnya.

Selain itu, Pemateri selanjutnya yakni Ishaq Rahman yang juga merupakan dosen Hubungan Internasional Univeritas Hasanuddin. Dalam paparannya ia membahas tentang peran Humas dalam Komunikasi Politik Nasional dan Global.

Kemudian, dilanjutkan dengan Effendy Gazali, Ph.D, akademisi yang juga terkenal dengan program televisi Republik Mimpi. Effendy Gazali membawakan materi seputar Komunikasi Politik Internasional dihadapan ratusan peserta seminar yang hadir secara daring dan luring.

BACA JUGA :  Setelah Dinyatakan Lulus SNMPTN, Mahasiswa UIN Alauddin Harus Registrasi UKT-BKT, Ini Caranya

Turut hadir memberikan sambutan, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdam Juhannis, Ph.D., dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, Dr. Firdaus Muhammad.

Sebagai informasi bahwa seminar nasional yang mengangkat seputar Komunikasi Politik Internasional dan Peran serta Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Praktik Diplomasi Kontemporer ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen,  praktisi dan masyarakat yang memiliki ketertarikan dalam bidang ilmu Komunikasi khususnya  Komunikasi Politik.