Guna Memperkuat Sitasi Artikel Ilmiah, FSH UIN Alauddin Makassar Gelar Pelatihan

29

syiarmedia.id, Gowa – Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar baru-baru ini menggelar pelatihan sitasi jurnal bagi mahasiswa dan juga dosen yang diselenggarakan secara virtual atau online. Pelatihan tersebut berlangsung pada hari Senin, (1/03/2021) yang disiarkan langsung dari Ruang Senat Fakultas Syariah dan Hukum.

Kegiatan yang digelar secara live di youtube dan aplikasi zoom ini bertujuan untuk memperkuat sitasi artikel bagi dosen dan juga untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai teknik mensitasi jurnal ilmiah.

Dalam kegiatan tersebut, FSH UIN Alauddin Makassar menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof. Dr. Yaumi, M.Hum yang membahas tentang strategi peningkatan kualitas publikasi dan sitasi jurnal ilmiah, sedangkan Dr. H. Subehan Khalik, S.Ag., M.Ag membahas teknik mensitasi jurnal ilmiah. Kedua narasumber ini dikenal ahli dan berkompeten dalam bidang kepenulisan.

BACA JUGA :  Mahasiswa KKN-DK UIN Alauddin Makassar Angkatan 65 Desa¬†Taeng Gelar Seminar Proker

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M.Ag menyampaikan kegiatan ini adalah sebuah respon dari panca cita Rektor UIN Alauddin Makassar mengenai publikasi ilmiah. Dia juga berharap tulisan, ide, serta gagasan dosen di FSH tidak hanya diketahui oleh warga UIN Alauddin Makassar saja, melainkan bisa dibaca dan dijadikan rujukan oleh seluruh akademisi, melalui publikasi secara online.

BACA JUGA :  Jurusan MHU FDK UIN Alauddin Adakan Kegiatan Visitasi Prodi Guna Naikkan Akreditasi

“Kegiatan ini merupakan respon dari panca cita Rektor UIN Alauddin Makassar terkait dengan publikasi ilmiah, tentu kami berharap tulisan-tulisan, ide, dan gagasan Dosen di Fakultas Syariah dan Hukum tidak hanya diketahui oleh civitas akademika lingkup UIN Alauddin saja, tetapi dapat dibaca dan dijadikan rujukan oleh seluruh akademisi melalui publikasi ilmiah secara online, sebagai representasi Fakultas Syariah dan Hukum sebagai rumah referensi,” ujar Muammar

BACA JUGA :  Dekan FDK UIN Alauddin Kecam Aksi Terorisme Sekaligus Sadarkan Pentingnya Moderasi Beragama

“Pimpinan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Narasumber yang bersedia memberikan arahan dan bimbingan kepada kami, kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini baik dosen dan mahasiswa,” tambahnya, dalam acara yang berlangsung selama dua jam ini.

Selain dihadiri oleh dekan FSH, Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Dosen, dan Mahasiswa yang tidak hanya berasal dari Fakultas Syariah dan Hukum, tetapi juga dari Fakultas lain yang ada UIN Alauddin Makassar. (Ain)