Berikut 7 Kunci Sukses di Usia Muda Ala Dosen UIN Alauddin Makassar

76

Syiarmedia.id, Makassar – Saat kita tengah menjalani hidup, kita harus memiliki impian atau cita-cita. Untuk mencapainya, kita harus mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan. Hal inilah yang biasa terlintas di pikiran para pemuda-pemudi Indonesia.

Ada banyak cara untuk kita tetap bisa hidup hingga hari ini. Tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana kita bisa mempertahankan hidup kita bahkan mengembangkan hidup kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Menurut salah satu Dosen di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Alauddin Makassar yakni Anshar Akil, setidaknya ada 7  kunci sukses di usia muda, diantaranya yakni sebagai berikut:

1. Tetapkan Tujuan Hidup

Untuk melakukan segala sesuatu, kita harus mengetahui apa yang ingin kita capai, termasuk dalam jangka waktu 1-5 tahun ke depan. Tak hanya sekdara mengetahui saja, kita pun juga harus fokus untuk meraih tujuan tersebut.

Ketika kita menetapkan tujuan, maka tentukan indikator-indikator keberhasilan yang ingin kita capai. Bahkan kita juga bisa belajar dari orang-orang yang lebih sukses dibanding kita, untuk bisa memotivasi diri kita agar lebih maju.

Sehingga nantinya kita sudah memiliki pola serta gambaran terhadap apa saja yang akan kita capai dalam waktu 1 tahun ke depan, 2 tahun ke depan atau bahkan 5 tahun ke depan.

BACA JUGA :  Gelar Kuliah Umum, FTK UIN Alauddin Makassar Bahas Pendidikan Karakter di Tengah Pandemi

2. Temukan Potensi/Skil dalam Diri

Misalnya kita memiliki hobi menulis, maka yang bisa dikembangkan adalah menjadi profesi jurnalis atau penuilis buku-buku yang bisa bermanfaat bagi insan yang lainnya.

Selain itu, kita juga harus tahu apa bakat yang kita miliki, apa yang bisa membuat kita selalu merasa senang dan nyaman saat melakukannya. Karena kelebihan, potensi atau skill dari bakat-bakat tersebut kita bisa memulai kesuksesan dalam diri kita.

3. Menjalin Relasi

Selanjutnya kita juga harus menjalin relasi dengan banyak orang. Misalnya carilah suatu lingkungan, organisasi atau komunitas yang bisa mendukung keberhasilan atau kesuksesan yang kita inginkan.

Sebagai contoh, ketika kita ingin memperdalam ilmu atau pengetahuan kita terkait kepenulisan maka kita diharuskan untuk bergabung di organisasi atau komunitas yang memang mengarah dan fokus terhadap hal-hal yang bersifat kepada kepenulisan.

Hal ini perlu dilakukan, agar nantinya kita bisa lebih paham apa-apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi seorang penulis.

4. Perbaiki Karakter dan Sifat

Memperbaiki karakter dan memperbaiki sifat-sifat kita dengan mengembangkan kelebihan-kelebihan kita dan meninggalkan sifat-sifat buruk dan negative yang ada dalam diri kita. Misalnya, kita harus mengembangkan sifat-sifat disiplin kita, rajin, pantang menyerah, ulet, cepat tanggap, berprestasi dan seluruh sifat-sifat baik lainnya.

BACA JUGA :  Adakan Pelantikan, Kepengurusan PKPT IPMIL Raya UIN Alauddin 2021-2022 Telah Sah

Tak hanya itu, kita juga harus menjauhi seperti sifat malas, curang, tidak bertanggung jawab dan sifat-sifat lain yang bisa menghambat keberhasilan dan mengganggu hubungan interaksi kita dengan orang lain.

Kunci keempat ini juga dianggap sangat penting dalam mencapai kesuksesan kita di masa depan. Dimulai dari hal sederhana untuk mencapai kesuksesan yang luar biasa.

5. Biasakan Menabung

Membiasakan untuk melakukan hal-hal sederhana yang baik seperti menabung. Kita harus bisa mengelola keuangan kita sendiri dengan efisien. Yakni dengan menyimpan sebagian penghasilan atau uang-uang yang kita miliki secara konsisten.

Semisal, tiap hari kita konsisten untuk menyimpan uang kita sebanyak Rp10 ribu, maka dengan adanya uang yang disisihkan tersebut akan bisa menjadi tabungan untuk kita. Dari hal-hal yang biasa, akan menjadi kebiasaan dan pastinya itu juga sangat menguntungkan bagi kita.

Selain karena kita memiliki tabungan yang banyak, kita juga bisa mengetahui bagaimana cara memanage uang dalam menjalankan kehidupan kita untuk bisa menuju sukses ke depannya.

6. Merintis Bisnis, Usaha atau Investasi

Kita juga harus bisa melakukan hal-hal tersebut dengan penuh perhitungan. Selain itu juga juga harus bisa memahami secara mendalam terkait ilmu-ilmu yang berhubungan dengan rintisan kita baik bisnis, usaha atau investasi yang tengah kita jalani.

BACA JUGA :  Selamat, FTK UIN Alauddin Makassar Berhasil Lolos Pembangunan Zona Integritas PTKIN 2021

Selain itu kita juga harus mengetahui terkait cara pemasaran yang baik, karena ini sangatlah penting dalam pencapaian bisnis agar ke depannya kesuksesan bisa kita raih.

Terakhir kita juga butuh mencari serta mendapatkan mitra yang tepat, agar kita bisa saling bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya. Dalam mencari mitra, sebelumnya kita harus mengetahui seluk beluk perusahaan yang akan kita jadikan mitra. Karena itu sangat penting dalam menjaga citra serta kredibilitas bisnis yang kita jalankan.

7. Kembangkan Kreativitas Berbasis Digital

Kunci sukses ke tujuh adalah mengembangkan kreativitas, inovasi atau ide-ide baru, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini yakni berbasis digital.

Kita harus menemukan ide-ide kraetivitas baru lalu mengembangkannya dengan bantuan teknologi komunikasi yang ada saat ini, maka dengan itu kita akan bisa meraih kesuksesan di masa depan. Karena bisa saja para public itu bosan dengan hal-hal yang biasa. Sehingga dibutuhkan kreativitas dalam menjalani kehidupan.

Itulah tadi 7 kunci sukses di usia mudia, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai motivasi untuk para pembaca. Selamat mencoba. (Dev)