Adakan Webinar Nasional, Kajur Pendidikan Fisika : Membuka Wawasan Baru Mahasiswa Terkait Isu Terkini

25

syiarmedia.id, Gowa – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar mengadakan webinar nasional dengan mengangkat tema “science, environtmentat, technologi, dan society untuk menyonsong revolusi industri 5.0” kegiatan tersebut berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming Facebook pada pukul 10:00, Kamis (29/04/2021).

Ketua Jurusan Pendidikan Fisika, Rafiqah S.si, M.pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa webinar tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan baru bagi mahasiswa terkait isu-isu dan informasi-informasi terbaru dalam dunia pendidikan.

BACA JUGA :  KKN-DK Angkatan 65 UIN Alauddin Makassar Resmi Dilepas, Ini Harapan Menag RI

“Tujuan dari kegiatan seminar ataupun webinar ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dan membuka wawasan baru untuk mahasiswa terkait isu-isu dan informasi-informasi terkini, khususnya dalam kaitannya dengan dunia pendidikan dan profesi mereka kedepannya sebagai tenaga pendidik,” ujarnya.

Narasumber pertama, Drs. Subaer Junaedi M.phil., Ph.D didalam materinya mengemukakan bahwa sekarang ini dunia pendidikan belum siap dengan perubahan dari revolusi industri 5.0 terlebih lagi society 5.0.

BACA JUGA :  Dekan FDK UIN Alauddin Kecam Aksi Terorisme Sekaligus Sadarkan Pentingnya Moderasi Beragama

“Kita belum siap sama sekali dengan berbagai perubahan-perubahan yang kemudian kita gembor-gemborkan sendiri sebagai revolusi industri 5.0 apalagi society 5.0, kita masih terlalu jauh dari itu,” jelas Subaer.

Di sisi lain, Dr. Hj. St. Syamsudduha selaku Narasumber kedua menyarankan bahwa lembaga pendidikan guru perlu dibenahi lagi agar dapat merubah mindset dan menerapkan demokrasi dalam pembelajaran di kampus.

BACA JUGA :  Jurusan MHU FDK UIN Alauddin Adakan Kegiatan Visitasi Prodi Guna Naikkan Akreditasi

“Yang perlu kita benahi sekarang adalah pendidikan guru kita. Jadi bagaimana kita mendidik calon-calon guru kita ini supaya merubah mindsetnya, tidak lagi ke model-model pembelajaran yang konvensional tetapi kita menerapkan bagaimana demokrasi dalam pembelajaran di kampus untuk perkuliahan calon guru,” sarannya.

Reporter : Zainal